NATA
Mangrupakeun hiji hal anu penting saacan migawe hiji hal anu aya targetna,

Kadang kita lupa bahwa introspeksi dan mengukur keadaan kita saat ini adalah hal penting sebelum melakukan hal-hal yang terukur.

Karena dimulai dari fase NATA lah kita tau pencapaian kita sudah samapai mana, kelemahan dan kekuatan juga proyeksi kedepan yang akan kita tempuh

“kudu apal urang kerdimana jeung rek kamana”

baru setelah itu kita membuat step by step target, baik target jangka pendek maupun target jangka panjang.

hal ini kadang tidak dijadikan suatu keharusan yang penting bagi sebagian kalangan, sebagain ornag lebih suka langsung action.. ketimang membuat guide line untuk setiap tindakannaya.

NITI

Niti teh sarunag jeng ngalengkah salengkah-salengkah..

Setelah adanya Penataan yang bisa dijadikan guide line tindakan, makan langkanh selanjutnya adalah merealisasikan semua guide line selangkah demi selangkah.

Setiap langkang harus ada acuan dan targetnya, sehingga kita bisa mengukur tingkat keberhasilannya.

Saya lebih suka membuat target-target kecil yang terukur, yang nantinya diakumulasikan sebagi komponen pembentuk target BESAR.

memilih target-target kecil yang terukur akan membuat pekerjaan menjadi lebih ringan tanpa dibebeani oleh hal yang harus kita capai NANTI.

Ibarat Club sepak bola saya kalau saya jadi pelatih maka saya akan mengintruksikan kepada seluruh pemain untuk memaksimalkan setiap pertandingan untuk mendapatkan point penuh, sebagai komponen pembentuk target besarnya yaitu JUARA,

Kata JUARA adalah Target akhir, tapi komponen pembentukanya adalah point penuh dari setiap laga.

NUTU

Nutu diibaratkeun hiji proses ahir tatanen…..,

Melak, ngarawat Panen…… lamun panena akus pasti bisa nutu pare…. pikeun djual

HASIL adalah akumulasi proses yang dilakukan, semenjak penataan dan pengolaah, hasil akhir akan tergantungd ari kedua komponen diatas ( NATA dan NITI ).

Tinggak memilih saja hasil akhirnya,

Hasil akhir yang baik adalah hasil akhir yang merupakan hasil yang sudah ditentukan di proses NATA , berarti hasil akhir yang didapat sesuai dengan apayang direncanakan, apa yang di lakukan…… sama dengan SUKSES mengikuti GUIDE LINE.

sukses mengejawantahakan apa yang dituliskan di proses NATA adalah prestasi yang luar biasa, karena tidak semua orang bisa DISIPLIN mengikuti apa yang sudah dibuat di Proses NATA, atau kata lain “ngarempak guide line”

NATA NITI NUTU ….. hayu ah..