Liburan di Santolo Cikajang – Garut ( Nganjang hungkul padahal )

Original Post by gilang400 dengan alamat : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2613977

Sumbangan dari Agan Firman nih Video Waktu Liburan di Santolo

 

santolo1SKW : Pameungpeuk
Kecamatan : Cikelet
Jenis Wisata : Alam
Daya Tarik : Panorama Pantai
Salah satu pantai yang populer terdapat di Kab. Garut adalah Pantai Santolo. Terletak di kec. Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut, jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km.

Panati ini cukup dikenal di kota Bandung dan merupakan daerah tujuan wisata . Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang indah. Juga merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga (pelabuhan) kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk.

Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang. Selain itu kita bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.

Pantai Sayang Heulang merupakan pantai yang berdekatan dengan Pantai Santolo. Di pantai ini kita akan menemukan suasana pantai yang sepi dan asri, sangat tepat bagi anda yang ingin mencari privasi serta bertafakur dengan dukungan pemandangan pantai yang indah.

santolo2

Para wisatawan yang datang ke pantai ini disuguhkan berbagai aktivitas permainan pantai yang menarik. Dimulai dari jalan-jalan menelusuri pantai, bermain voley pantai, sepak bola serta melihat ikan-ikan kecil yang indah disekitar pantai ketika air laut sedang surut.

Areal disekitar pantai juga bisa digunakan para wisatawan untuk kegiatan berkemah bersama keluarga atau teman-teman dekat. Dengan atraksi api unggun dan iringan petikan gitar yang indah di senja sampai malam hari, menjadikan kunjungan ke pantai ini merupakan pengalaman yang berkesan dan tidak akan pernah terlupakan.

santolo3

Perjalanan ke Pantai Santolo, Garut menempuh jalan yang panjang, kurang lebih 150 km dari Kota Bandung. Pantai Santolo berada di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Pantai Santolo merupakan pantai yang masih relatif tidak terlalu ramai dibandingkan dengan pantai-pantai wisata lainnya, misalnya Pantai Pangandaran di Ciamis, di sebelah timurnya atau Pelabuhan Ratu di Sukabumi, di sebelah baratnya. Selain Pantai Santolo, terdapat pula Pantai Sayang Heulang yang juga merupakan pantai yang indah di Garut. Perjalanan dari Bandung ke Garut dapat ditempuh dengan mudah, hanya sekitar dua jam tanpa terlalu tergesa-gesa. Sedangkan dari Garut ke Pameungpeuk ditempuh dalam waktu kurang lebih tiga jam. Jalan dari Garut ke Pameungpeuk menempuh Gunung Gelap yang kini tidak lagi gelap karena telah menjadi perkebunan teh. Di pinggir jalan Gunung Gelap pun berdiri warung-warung yang telah dialiri listrik PLN. Penduduk semestinya mendapatkan manfaat dari dibangunnya jalan serta listrik di wilayah ini.
Di Pantai Santolo pun terdapat sebuah tempat peluncuran roket yang merupakan bagian dari institusi LAPAN milik negeri ini.

santolo4Info Tambahan :
harga sewa penginapan kira kira 75000 – 90000 (tergantung view)
ada juga sewa rumah. rangenya 300.000 – 500.000

Rute Menempuh Pantai Santolo :

Untuk Rute sengaja saya ambil contoh titik awal pemberangkatan dari kota Bandung saja ya, agar semua orang bisa mengira-ngira nih.

Jarak Dari Kota Bandung smpai dengan pantai ini kira-kira 180 – 200 Km. dan bisa di tempuh dengan berbagi alternatif Kendaraan ataupun Rute.

santolo5

  1. Rute Normal lewat Garut Kota – Ciakjang – Cikelet dan Pameungpeuk, bisa ditempuh dnegan menggunakan Kendaran umum dari terminal Cicaheul ( pakai Bis ) atau terminal Lewuipanjang pakai Kendaraan ELF ( minibus ), dengan Membayar Rp 35.000 dan 4 – 5 jam perjalanan anda sudah samapai di Pameungpeuk ( pantai Santolo ), sedangkan untuk menggunakan kendaraan Pribadi ( Mobil ) akan menghabisn BBM ( Bensin ) sekitar Rp 75.000 – Rp 100.000 saja, sedangkan pakai Motor ( Saya pakai Thunder BBm Pertamax hanya habis Rp 25.000 – 30.000 saja ).
  2. Mengguankan Rute  Ciwidey – Cisewu – Bungbulang – Pameungpeuk jarak tempuh lumayan jauh dan belum ada kendaraan umum, tapi pemadangan disekitar lebih AJIP, diperkirakan jarak tempuh kalau lewat rute ini sekitar 200 – 250 Km dan 7 Jam perjalanan.

Mangga mau pilih jalur mana.

Oh ya tambahan kalau lewat jalur Cikajang mungkin bisa istirhat di tempat KAPINIS STUDIO … he he he he he

About

Urang kampung saba kota

Posted in Curat Curet
410 comments on “Liburan di Santolo Cikajang – Garut ( Nganjang hungkul padahal )
  1. refyna kartika says:

    kang boleh minta nomor contactnya InsyaAllah kamis besok saya rencana backpacker kesana … makasih

  2. Lucky R. Trisetya says:

    assalamualaikum
    kang online keneh? hehe
    abdi bade ka santolo rencanana minggon payun nganggo motor kang ti bandung.. aman teu nya kang?ieu pertama kalina abdi ka garut ngangge motor hehe

    rencanana oge bade milarian kamar di sayang heulang wae supados mirah hehe aya rekomendasi kang? sareng hargana panginten..

    tiasa nyuhunkeu nomer hp na kang? sareng twitterna aya? kangge silaturahmi hehe hatur nuhun sateuacanna nya kang sukses! hehehe

    • abdiDANI says:

      Waaluikum salam….
      he he he…. tadi wengi mah tos pules,,, he he he
      naek motor aman kang… anu penting hari2 nyandakna nya.. he eh he….
      perkawis kamar… pe nginapan,,, pangaos mulai 75.ooo dugi ka 300 rebu aya…. kang kantun milihan,, sarneg tiasa nawis.. he he he deui…

      kanggo twitter mangga tiasa di @kangdhanny

  3. ade2014 says:

    kang abdi … urang mau kesana sekitar tanggal 19 oktober , xo urang berangkat dari jkt via ciwidey itu kira kira berapa jam ya kang dan apa bisa di lewatin bis 3/4 yang nanggung..

    • abdiDANI says:

      Berangkat via ciwidey or pangakengan lebih asik, tp sy tidak rekomendasi pakai bis … Perlu ke ahlian khusu supir mengungat medan jalan yg lumayan menangtang…

  4. trihnas says:

    kang, abdidani mau tnya untuk penginapan di garut kisaran hrg untuk tgl 24 desember dan seterusnya brpa ya? *mngkin bs naik krna mau tahun baru

    sm contact personnya kang abdidani yg dket pantai santolo??
    nuhuunn

    • abdiDANI says:

      Mohon maaf baru do bales ya.. Siang tadi keliling2 momotoran he he

      Oh ya until penginapan kisaran harga Rp 150.000 – 200.000

      Until kontak person… Ada beberapa no kontak di comment artikel INI… Bilang aka tau Dari blog saya mudah2 dapet best price.. He he

      Atai coba penginapan Karang laut 082129705000 bilang aka rekomendasi Dari saya

  5. rommy sianng says:

    Oktober 2014 sempat nginep di sayangheulang. Bagus sekali ada karang. Bisa ngambil rumput laut dan ikann2.air laut jernih. Mennurutku lbh bagus sayangheulanng daripada santolo. Tidak kecewa deh.saya bawa makanan beli dari supermarket. Soalnya lkalo beli disana harganya agak mahal

    • abdiDANI says:

      Betul…. di Sayang heulang lebih leluasa…. cuman fasilitas warung atau tempat jajanan masih kurang memadai, kalau sedikit lengang banyak objek disana yang bisa di eksplor…. ada pantai sancang, cicalobak, cibalong, bahkan samapai ranca buaya dan puncak guha…. wah keren….

  6. Anggi says:

    Kang punten nyuhunken informasi, jalur ti garut kota – santolo aya daerah rawan longsor ?
    Sareng daerah nu sok razia bermotor ?
    Punten kang ngarepotkeun.

    • abdiDANI says:

      The Anggi
      untuk jalur Garut – Santolo kalau lagi usum hujan ginih mah ya hati2 saja, terutama di jalur Batu Numpang – Cihideung – dan Gunung gelap, kaena kondisi jalan yang berbelok dan banyak tebing.. potensi longsor ada.

      daerah razia motor sepanjang jalan Garut – Cikajang biasanya ada di daerah munjul dan cibeureum … lengkapi saja surat dan kendaraanya.. terutama safery riding .. pasti aman….

      siap…..

  7. dani sabila says:

    MAMPIR BOSS…KE PENGINAPAN KARANG LAUT ATUH …..HP 082129705000..HEHEHEH…
    BADE DI SAYANGHEULANG ATANAPI SANTOLO…..

  8. nurul says:

    siang kang, salam kenal
    Apa kabar rute perjalanan ke santolo dari jakarta kang?
    Rencananya malam ini saya mau ke pantai santolo start dari jakarta pukul 23.00. mohon informasinya untuk rute aman perjalanan kami. terima kasih

    • abdiDANI says:

      Selamat siang mbak Nurul…
      Untun rute.. Pilih garut kota aja ya…. Agar lebih nyaman…

      Jadi pakai tol cipularang keluar gate cileunya… Lanjuy ke cicalengka -kadungota-leles-garutkota-bayongbong-cikajang-cihideung-gununggelap-cikelet-pameungpeuk…

      Kalau lancar berangkat dri jkt jam 23 nyampai ke santolo jam 6-7 pagi.

      • nurul says:

        okey, tapi apa gunung gelap aman kang untuk saya lewati dengan keadaan cuaca yg seperti sekarang ini?
        klau bencana longsor di Garut yg saya lihat di berita sekitar 3/5 hari yg lalu tepatnya dimana ya kang? apa nanti saya melewati jalur (bencana longsor) tersebut kang?

  9. abdiDANI says:

    Yes pasti akan melewati gunung gelap, memang jakur ini karena berada di gunung ( hutan ) harus hati2 saja mengendarai nya…. , saya sarankan tidak menggunakan kendaraan sejenis sedan

    Bebrapa hari yg lalau ada longsor.. Dan jalur ke santolo akan melewati lonsor tersebut, namun sudah bisa dilakui..

    • nurul says:

      yah kang kebetulan saya dengan teman-teman menggunakan honda jazz. mohon maaf kang, longsornya seberapa parah yah sampai tidak bisa dilewati mobil sedan?
      apa ada jalur alternatif yang lain kalu mau ke santolo? terima kasih

  10. abdiDANI says:

    Dewatin sedan sih bisa mbak…. Cuman type jalan di gunung gelap itu. Wet dan asapal tidak rata ( aspal kasar ) so kalau pakai sedan mungkin harus exstra saja nyetir nya..

    Tapi untuk keseluruhan aman sih…

    Jalur lain ada sih lewat pangalengan atau sidang barang cianjur… Namun untuk musim hujan saya tidak rekomendasi.

    Saat ini jalur palaing ramai dan aman adalah jalur Cikajang yg sy rekomendasikan td

  11. abdiDANI says:

    Sama2,mbak… Jangan kapok mampir ke mari ya he he

  12. sri pudji says:

    salam. wilujeng tepang taun kang dani. sim kuring enjing (kaping 2 jan) rencana bd ka santolo. manawi tiasa sharing info kondisi terkini utamina perkawis rute perjalanan, pondokan, srg sajabana sanes ti eta. htrnuhun.

    • abdiDANI says:

      Waalaikumsalam..
      Wilujeng oge teteh……
      Wah bade luburan nya? Manga teteh timana? Upami arah ti bandung abdi rekomendasi nganggo jalut garut kita – cikajang … Kanggo jalur eta anu kanetang jalur meriah, kondisi dijalan ayeuna.. Nuju ramebteh.. Kindisi jalan sae.

      Kanggo penginapan seueur pilihan… Mangga dina list komen nyondong anu gaduh penginapan… Tiasa kontak anjeuna, sebatkeun rekomendasi ti blog abdi we kutu he he he , mudah2an pangaos spesial…

  13. Reza says:

    kang maap mau nanya kalo pas untuk mendirikan kemah itu di pantai santolo atau dipulau santolonya yah?

    • abdiDANI says:

      Kang Reza
      Untuk kemah di pantai santolonya, kalau di pulau tidak rekomendasi, resikonya besar dalam keadaan darurat…

  14. Indrie Maryuana says:

    pagi kang,minta info rekomendasi penginapan yg ddepan pantai santolo… trus ada lahan parkir didepan penginapannya…
    santolo klo nginep parkir mobil aman kan kan? rencananya maret saya sama keluarga mau kesana.. kurang lebih 3-4 mobil… tp bingung penginapan… nuhun kang…..

    • abdiDANI says:

      Selamat pagi..
      unutk penginapan sih sebetulnya banyak, tapi boleh dicoba nih penginapan depanpantai ( Penginapan karang laut ) bilangs aja rekomendasi dari saya ( blog saya ) agar dapat service special he he he..
      mobil masuk dan aman. coba saja di kontak penginapankaranglaut.wordpress.com

      atau penginapan2 sekitar santolo juga banyak pilian..

  15. Assalammualaikum. Kang mau tanya kalo dari Rancaekek ke Santolo menggunakan motor lebih baik menggunakan rute lewat ciwidey atau rute lewat garut kota? Kira2 berapa jam ya?

    • abdiDANI says:

      Waalikumsalam
      Tergantung mood nya kalau naik motor, kalau mau yang biasa2 saja, tapi aman mendingan lewat Garut kota, tapi kalau mau sedikit tantangan lewat ciiwidey atau pangalengan bisa jadi pilihan bagus tuh….

    • abdiDANI says:

      Oh ya lupa nambahin.. Kalau dari rancaekek dalam keadaan lancar via garut kota jarak tempuh 120km sekitar 4 jam perjalanan, tapi kalau lewat pangalengan via rancaekek, mungkin kurang lebih 6 jam

  16. akmal96 says:

    mau nanya kalau mau sewa rumah yang deket pantainya pisan gimana? ada contac nyaa gak?

    • abdiDANI says:

      Daerah santolo dan sayang heulang banyak sih… Coba chek penginapankaranglaut.wordpress.com, bilang aja tau dri blog saya….

Isi Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pengunjung
  • 23,669 Orang
Menu
Top Clicks
  • None

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 12 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: