Original Post by gilang400 dengan alamat : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2613977

Sumbangan dari Agan Firman nih Video Waktu Liburan di Santolo

santolo1SKW : Pameungpeuk
Kecamatan : Cikelet
Jenis Wisata : Alam
Daya Tarik : Panorama Pantai
Salah satu pantai yang populer terdapat di Kab. Garut adalah Pantai Santolo. Terletak di kec. Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut, jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km.

Panati ini cukup dikenal di kota Bandung dan merupakan daerah tujuan wisata . Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang indah. Juga merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga (pelabuhan) kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk.

Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang. Selain itu kita bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.

Pantai Sayang Heulang merupakan pantai yang berdekatan dengan Pantai Santolo. Di pantai ini kita akan menemukan suasana pantai yang sepi dan asri, sangat tepat bagi anda yang ingin mencari privasi serta bertafakur dengan dukungan pemandangan pantai yang indah.

santolo2

Para wisatawan yang datang ke pantai ini disuguhkan berbagai aktivitas permainan pantai yang menarik. Dimulai dari jalan-jalan menelusuri pantai, bermain voley pantai, sepak bola serta melihat ikan-ikan kecil yang indah disekitar pantai ketika air laut sedang surut.

Areal disekitar pantai juga bisa digunakan para wisatawan untuk kegiatan berkemah bersama keluarga atau teman-teman dekat. Dengan atraksi api unggun dan iringan petikan gitar yang indah di senja sampai malam hari, menjadikan kunjungan ke pantai ini merupakan pengalaman yang berkesan dan tidak akan pernah terlupakan.

santolo3

Perjalanan ke Pantai Santolo, Garut menempuh jalan yang panjang, kurang lebih 150 km dari Kota Bandung. Pantai Santolo berada di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Pantai Santolo merupakan pantai yang masih relatif tidak terlalu ramai dibandingkan dengan pantai-pantai wisata lainnya, misalnya Pantai Pangandaran di Ciamis, di sebelah timurnya atau Pelabuhan Ratu di Sukabumi, di sebelah baratnya. Selain Pantai Santolo, terdapat pula Pantai Sayang Heulang yang juga merupakan pantai yang indah di Garut. Perjalanan dari Bandung ke Garut dapat ditempuh dengan mudah, hanya sekitar dua jam tanpa terlalu tergesa-gesa. Sedangkan dari Garut ke Pameungpeuk ditempuh dalam waktu kurang lebih tiga jam. Jalan dari Garut ke Pameungpeuk menempuh Gunung Gelap yang kini tidak lagi gelap karena telah menjadi perkebunan teh. Di pinggir jalan Gunung Gelap pun berdiri warung-warung yang telah dialiri listrik PLN. Penduduk semestinya mendapatkan manfaat dari dibangunnya jalan serta listrik di wilayah ini.
Di Pantai Santolo pun terdapat sebuah tempat peluncuran roket yang merupakan bagian dari institusi LAPAN milik negeri ini.

santolo4Info Tambahan :
harga sewa penginapan kira kira 75000 – 90000 (tergantung view)
ada juga sewa rumah. rangenya 300.000 – 500.000

Rute Menempuh Pantai Santolo :

Untuk Rute sengaja saya ambil contoh titik awal pemberangkatan dari kota Bandung saja ya, agar semua orang bisa mengira-ngira nih.

Jarak Dari Kota Bandung smpai dengan pantai ini kira-kira 180 – 200 Km. dan bisa di tempuh dengan berbagi alternatif Kendaraan ataupun Rute.

santolo5

  1. Rute Normal lewat Garut Kota – Ciakjang – Cikelet dan Pameungpeuk, bisa ditempuh dnegan menggunakan Kendaran umum dari terminal Cicaheul ( pakai Bis ) atau terminal Lewuipanjang pakai Kendaraan ELF ( minibus ), dengan Membayar Rp 35.000 dan 4 – 5 jam perjalanan anda sudah samapai di Pameungpeuk ( pantai Santolo ), sedangkan untuk menggunakan kendaraan Pribadi ( Mobil ) akan menghabisn BBM ( Bensin ) sekitar Rp 75.000 – Rp 100.000 saja, sedangkan pakai Motor ( Saya pakai Thunder BBm Pertamax hanya habis Rp 25.000 – 30.000 saja ).
  2. Mengguankan Rute  Ciwidey – Cisewu – Bungbulang – Pameungpeuk jarak tempuh lumayan jauh dan belum ada kendaraan umum, tapi pemadangan disekitar lebih AJIP, diperkirakan jarak tempuh kalau lewat rute ini sekitar 200 – 250 Km dan 7 Jam perjalanan.

Mangga mau pilih jalur mana.

Oh ya tambahan kalau lewat jalur Cikajang mungkin bisa istirhat di tempat KAPINIS STUDIO … he he he he he