#Santolo Garut Selatan

Original Post by gilang400 dengan alamat : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2613977

Sumbangan dari Agan Firman nih Video Waktu Liburan di Santolo

santolo1SKW : Pameungpeuk
Kecamatan : Cikelet
Jenis Wisata : Alam
Daya Tarik : Panorama Pantai
Salah satu pantai yang populer terdapat di Kab. Garut adalah Pantai Santolo. Terletak di kec. Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut, jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km.

Panati ini cukup dikenal di kota Bandung dan merupakan daerah tujuan wisata . Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang indah. Juga merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga (pelabuhan) kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk.

Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang. Selain itu kita bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.

Pantai Sayang Heulang merupakan pantai yang berdekatan dengan Pantai Santolo. Di pantai ini kita akan menemukan suasana pantai yang sepi dan asri, sangat tepat bagi anda yang ingin mencari privasi serta bertafakur dengan dukungan pemandangan pantai yang indah.

santolo2

Para wisatawan yang datang ke pantai ini disuguhkan berbagai aktivitas permainan pantai yang menarik. Dimulai dari jalan-jalan menelusuri pantai, bermain voley pantai, sepak bola serta melihat ikan-ikan kecil yang indah disekitar pantai ketika air laut sedang surut.

Areal disekitar pantai juga bisa digunakan para wisatawan untuk kegiatan berkemah bersama keluarga atau teman-teman dekat. Dengan atraksi api unggun dan iringan petikan gitar yang indah di senja sampai malam hari, menjadikan kunjungan ke pantai ini merupakan pengalaman yang berkesan dan tidak akan pernah terlupakan.

santolo3

Perjalanan ke Pantai Santolo, Garut menempuh jalan yang panjang, kurang lebih 150 km dari Kota Bandung. Pantai Santolo berada di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Pantai Santolo merupakan pantai yang masih relatif tidak terlalu ramai dibandingkan dengan pantai-pantai wisata lainnya, misalnya Pantai Pangandaran di Ciamis, di sebelah timurnya atau Pelabuhan Ratu di Sukabumi, di sebelah baratnya. Selain Pantai Santolo, terdapat pula Pantai Sayang Heulang yang juga merupakan pantai yang indah di Garut. Perjalanan dari Bandung ke Garut dapat ditempuh dengan mudah, hanya sekitar dua jam tanpa terlalu tergesa-gesa. Sedangkan dari Garut ke Pameungpeuk ditempuh dalam waktu kurang lebih tiga jam. Jalan dari Garut ke Pameungpeuk menempuh Gunung Gelap yang kini tidak lagi gelap karena telah menjadi perkebunan teh. Di pinggir jalan Gunung Gelap pun berdiri warung-warung yang telah dialiri listrik PLN. Penduduk semestinya mendapatkan manfaat dari dibangunnya jalan serta listrik di wilayah ini.
Di Pantai Santolo pun terdapat sebuah tempat peluncuran roket yang merupakan bagian dari institusi LAPAN milik negeri ini.

santolo4Info Tambahan :
harga sewa penginapan kira kira 75000 – 90000 (tergantung view)
ada juga sewa rumah. rangenya 300.000 – 500.000

Rute Menempuh Pantai Santolo :

Untuk Rute sengaja saya ambil contoh titik awal pemberangkatan dari kota Bandung saja ya, agar semua orang bisa mengira-ngira nih.

Jarak Dari Kota Bandung smpai dengan pantai ini kira-kira 180 – 200 Km. dan bisa di tempuh dengan berbagi alternatif Kendaraan ataupun Rute.

santolo5

  1. Rute Normal lewat Garut Kota – Ciakjang – Cikelet dan Pameungpeuk, bisa ditempuh dnegan menggunakan Kendaran umum dari terminal Cicaheul ( pakai Bis ) atau terminal Lewuipanjang pakai Kendaraan ELF ( minibus ), dengan Membayar Rp 35.000 dan 4 – 5 jam perjalanan anda sudah samapai di Pameungpeuk ( pantai Santolo ), sedangkan untuk menggunakan kendaraan Pribadi ( Mobil ) akan menghabisn BBM ( Bensin ) sekitar Rp 75.000 – Rp 100.000 saja, sedangkan pakai Motor ( Saya pakai Thunder BBm Pertamax hanya habis Rp 25.000 – 30.000 saja ).
  2. Mengguankan Rute  Ciwidey – Cisewu – Bungbulang – Pameungpeuk jarak tempuh lumayan jauh dan belum ada kendaraan umum, tapi pemadangan disekitar lebih AJIP, diperkirakan jarak tempuh kalau lewat rute ini sekitar 200 – 250 Km dan 7 Jam perjalanan.

Mangga mau pilih jalur mana.

Oh ya tambahan kalau lewat jalur Cikajang mungkin bisa istirhat di tempat KAPINIS STUDIO … he he he he he

Iklan

460 thoughts on “#Santolo Garut Selatan

  1. assalamualaikum
    kang online keneh? hehe
    abdi bade ka santolo rencanana minggon payun nganggo motor kang ti bandung.. aman teu nya kang?ieu pertama kalina abdi ka garut ngangge motor hehe

    rencanana oge bade milarian kamar di sayang heulang wae supados mirah hehe aya rekomendasi kang? sareng hargana panginten..

    tiasa nyuhunkeu nomer hp na kang? sareng twitterna aya? kangge silaturahmi hehe hatur nuhun sateuacanna nya kang sukses! hehehe

    1. Waaluikum salam….
      he he he…. tadi wengi mah tos pules,,, he he he
      naek motor aman kang… anu penting hari2 nyandakna nya.. he eh he….
      perkawis kamar… pe nginapan,,, pangaos mulai 75.ooo dugi ka 300 rebu aya…. kang kantun milihan,, sarneg tiasa nawis.. he he he deui…

      kanggo twitter mangga tiasa di @kangdhanny

  2. kang abdi … urang mau kesana sekitar tanggal 19 oktober , xo urang berangkat dari jkt via ciwidey itu kira kira berapa jam ya kang dan apa bisa di lewatin bis 3/4 yang nanggung..

    1. Berangkat via ciwidey or pangakengan lebih asik, tp sy tidak rekomendasi pakai bis … Perlu ke ahlian khusu supir mengungat medan jalan yg lumayan menangtang…

  3. kang, abdidani mau tnya untuk penginapan di garut kisaran hrg untuk tgl 24 desember dan seterusnya brpa ya? *mngkin bs naik krna mau tahun baru

    sm contact personnya kang abdidani yg dket pantai santolo??
    nuhuunn

    1. Mohon maaf baru do bales ya.. Siang tadi keliling2 momotoran he he

      Oh ya until penginapan kisaran harga Rp 150.000 – 200.000

      Until kontak person… Ada beberapa no kontak di comment artikel INI… Bilang aka tau Dari blog saya mudah2 dapet best price.. He he

      Atai coba penginapan Karang laut 082129705000 bilang aka rekomendasi Dari saya

  4. Oktober 2014 sempat nginep di sayangheulang. Bagus sekali ada karang. Bisa ngambil rumput laut dan ikann2.air laut jernih. Mennurutku lbh bagus sayangheulanng daripada santolo. Tidak kecewa deh.saya bawa makanan beli dari supermarket. Soalnya lkalo beli disana harganya agak mahal

    1. Betul…. di Sayang heulang lebih leluasa…. cuman fasilitas warung atau tempat jajanan masih kurang memadai, kalau sedikit lengang banyak objek disana yang bisa di eksplor…. ada pantai sancang, cicalobak, cibalong, bahkan samapai ranca buaya dan puncak guha…. wah keren….

  5. Kang punten nyuhunken informasi, jalur ti garut kota – santolo aya daerah rawan longsor ?
    Sareng daerah nu sok razia bermotor ?
    Punten kang ngarepotkeun.

    1. The Anggi
      untuk jalur Garut – Santolo kalau lagi usum hujan ginih mah ya hati2 saja, terutama di jalur Batu Numpang – Cihideung – dan Gunung gelap, kaena kondisi jalan yang berbelok dan banyak tebing.. potensi longsor ada.

      daerah razia motor sepanjang jalan Garut – Cikajang biasanya ada di daerah munjul dan cibeureum … lengkapi saja surat dan kendaraanya.. terutama safery riding .. pasti aman….

      siap…..

  6. siang kang, salam kenal
    Apa kabar rute perjalanan ke santolo dari jakarta kang?
    Rencananya malam ini saya mau ke pantai santolo start dari jakarta pukul 23.00. mohon informasinya untuk rute aman perjalanan kami. terima kasih

    1. Selamat siang mbak Nurul…
      Untun rute.. Pilih garut kota aja ya…. Agar lebih nyaman…

      Jadi pakai tol cipularang keluar gate cileunya… Lanjuy ke cicalengka -kadungota-leles-garutkota-bayongbong-cikajang-cihideung-gununggelap-cikelet-pameungpeuk…

      Kalau lancar berangkat dri jkt jam 23 nyampai ke santolo jam 6-7 pagi.

      1. okey, tapi apa gunung gelap aman kang untuk saya lewati dengan keadaan cuaca yg seperti sekarang ini?
        klau bencana longsor di Garut yg saya lihat di berita sekitar 3/5 hari yg lalu tepatnya dimana ya kang? apa nanti saya melewati jalur (bencana longsor) tersebut kang?

  7. Yes pasti akan melewati gunung gelap, memang jakur ini karena berada di gunung ( hutan ) harus hati2 saja mengendarai nya…. , saya sarankan tidak menggunakan kendaraan sejenis sedan

    Bebrapa hari yg lalau ada longsor.. Dan jalur ke santolo akan melewati lonsor tersebut, namun sudah bisa dilakui..

    1. yah kang kebetulan saya dengan teman-teman menggunakan honda jazz. mohon maaf kang, longsornya seberapa parah yah sampai tidak bisa dilewati mobil sedan?
      apa ada jalur alternatif yang lain kalu mau ke santolo? terima kasih

  8. Dewatin sedan sih bisa mbak…. Cuman type jalan di gunung gelap itu. Wet dan asapal tidak rata ( aspal kasar ) so kalau pakai sedan mungkin harus exstra saja nyetir nya..

    Tapi untuk keseluruhan aman sih…

    Jalur lain ada sih lewat pangalengan atau sidang barang cianjur… Namun untuk musim hujan saya tidak rekomendasi.

    Saat ini jalur palaing ramai dan aman adalah jalur Cikajang yg sy rekomendasikan td

  9. salam. wilujeng tepang taun kang dani. sim kuring enjing (kaping 2 jan) rencana bd ka santolo. manawi tiasa sharing info kondisi terkini utamina perkawis rute perjalanan, pondokan, srg sajabana sanes ti eta. htrnuhun.

    1. Waalaikumsalam..
      Wilujeng oge teteh……
      Wah bade luburan nya? Manga teteh timana? Upami arah ti bandung abdi rekomendasi nganggo jalut garut kita – cikajang … Kanggo jalur eta anu kanetang jalur meriah, kondisi dijalan ayeuna.. Nuju ramebteh.. Kindisi jalan sae.

      Kanggo penginapan seueur pilihan… Mangga dina list komen nyondong anu gaduh penginapan… Tiasa kontak anjeuna, sebatkeun rekomendasi ti blog abdi we kutu he he he , mudah2an pangaos spesial…

    1. Kang Reza
      Untuk kemah di pantai santolonya, kalau di pulau tidak rekomendasi, resikonya besar dalam keadaan darurat…

  10. pagi kang,minta info rekomendasi penginapan yg ddepan pantai santolo… trus ada lahan parkir didepan penginapannya…
    santolo klo nginep parkir mobil aman kan kan? rencananya maret saya sama keluarga mau kesana.. kurang lebih 3-4 mobil… tp bingung penginapan… nuhun kang…..

    1. Selamat pagi..
      unutk penginapan sih sebetulnya banyak, tapi boleh dicoba nih penginapan depanpantai ( Penginapan karang laut ) bilangs aja rekomendasi dari saya ( blog saya ) agar dapat service special he he he..
      mobil masuk dan aman. coba saja di kontak penginapankaranglaut.wordpress.com

      atau penginapan2 sekitar santolo juga banyak pilian..

    1. Waalikumsalam
      Tergantung mood nya kalau naik motor, kalau mau yang biasa2 saja, tapi aman mendingan lewat Garut kota, tapi kalau mau sedikit tantangan lewat ciiwidey atau pangalengan bisa jadi pilihan bagus tuh….

    2. Oh ya lupa nambahin.. Kalau dari rancaekek dalam keadaan lancar via garut kota jarak tempuh 120km sekitar 4 jam perjalanan, tapi kalau lewat pangalengan via rancaekek, mungkin kurang lebih 6 jam

    1. Daerah santolo dan sayang heulang banyak sih… Coba chek penginapankaranglaut.wordpress.com, bilang aja tau dri blog saya….

  11. asslamaualaikum kang mau tanya klo dri wisma lapan ke pantai santolo jaraknya jauh ga ya?
    terus disekitar pantai ada masjidnya tidak?
    pantai santoo dan sayangheula jaraknya jauh tdk?
    terimakasih kang

    1. Waalaikumsalam
      Dari Wisma Lapan ke pantai Santolo hanya selemparan batu, artinya bisa ditempuh dengan jalan kaki teh..
      Di pantai santolonatau sayangheulang terdapat masjid, dan jarak pantai santolo ke SH dekat, bagakan satu bibir pantai cuma beda pintu masuk

  12. retribusi ke masing2 pantai berbeda ya kang? berapa ya kang retribusinya skrg?
    memungkinkan ga kang kalau mengadakan outbond disekitar pantai?
    ada rekomendasi ga kang pantai yg lebih baik digunakan untuk observasi keadaan lingkungan

  13. Assalamualaikum…
    Maaf kang ganggu…
    kang saya mau nanya nih
    kalo sy brangkat dari cikarang jam 22:00
    Sampai k.santolo jam brp y kang menggunkan mo bil
    rute apa yg aman untuk saya lalui..
    nuhun ya kang 🙂

  14. Assalamualaikum
    maaf kang
    saya mau nanya kira kira kalo ke santolo dari bandung naik motor ber enam sampe sepuluh orang , start nya jam 3an aman ga ya lewat cikajang , takut pas di hutan nya kemaleman ,takut ada begal atau apa gitu hehehehe

  15. Assalamualaikum
    maaf kang
    saya mau nanya kira kira kalo ke santolo dari bandung naik motor ber enam sampe sepuluh orang , start nya jam 3an aman ga ya lewat cikajang , takut pas di hutan nya kemaleman ,takut ada begal atau apa gitu hehehehe

    1. Waalikunslaam kang Irfan,
      Berangkat jam 3 Sore kang?
      Kalau lewat Cikajang apalagi rombongan Insya Allah Aman kang, ketika lewat Gunung Gelap,

      Diperkirakan lewat gunung gelap jam 7 – 8 Malam

      Kenapa ngak coba lewat pangalengan kang… Jalannha sudah mulus tuh

  16. Aslmkm.
    Kang punten ngabalaan.taun kamari teh abdi kan ka santolo ngangge jalur pangalengan.kan upami ka kanan mah ka ranca buaya abdi ka kiri na.tos dugi kapantai na teh sepi malahan mah penginapan oge mung sakedik. Pami eta teh pantai naon nya ombakna kacida ageung teu aya parahu.malahan aya air payau.abi bade kaditu eeui teh sieun lepat deui.nuhun kang.

    1. Waalikumsalam..

      Katawisna teteh lebet ka jalur Rancabuaya Santolo, pasti ngalangkungan pantai puncak Guha, sareng cicalobak eta teh, upami ti pangalengan nganggo jalur rancabuaya we amana mah…. dan ayeuna rancabauaya santolo jalana tos mulus he he he

    1. Untuk penginapan coba chek penginapankaranglaut.wordpress.com harganya bisa di nego, bilang aja rekomendasi dari saya…

      Kalai rumah kisaran 500-600 biasnaya

  17. kang..jalur pangalengan atanapi ciwidey tos dijamin sae?
    denger2 lingkar talegong pernah longsor parah sekitar akhir 2014 kitu?
    kumaha ayeuna keadaannya/
    hatur nuhun..

  18. punten kang bade tumaros,abdi sareng rerencangan bade backpackeran ka santolo kaping 12,pami kanggo berkemah pasang tenda tempatna raos kang? nuhun kang

  19. Assallamualaikum .

    sampuransun ..

    kang dani abdi deni ti cimahi .

    hyong ka santolo tpi naek kereta .

    nyuhunken rute na sareng no kontak penginapan ..

    hatur nuhun

    1. Kang Deni bade kasantolo mah teu aya kereta, paling dugi Cibatu keretana, kin kadituna ngecet deui kana angkot atanapi elef kang

  20. kang punten abdi sabtu enjing kaping 16 bade ka santolo 2 motor,tpi abdi ngan bekel acis 200 kinten kiten cukup teu nya? hehe

      1. Cukup, ASAP nggak nginep , tiket santolo it cuma 4.000 per orang, parlor 2000 per motor, nyebrang 4.000 , siisanya masih Banyak buat makan Dan besin

  21. assalamualaikum kang
    ieu abi bade rencana turing ka santolo naek motor kaping 24 september ayena, bade tumaros upami rute pangalengan sae teu kang jalanna? kira kira dugi ka santolo tabuh sabaraha? teras upami bade ngisi bensin seur teu kang pom diperjalananna? saena kumaha kang persiapan ngisi bensin antisipasi bilih mogok seep bensin
    punten ngawagel waktosna kang

    1. Waalikumslaam
      Nganggo rute pangalengan jalan tos sae, full Aspal, medan turun naik kedah hati2 we, kkanggo POM Bensin tiasa ngisi di Pangalengan sing Full kumargi kin pendak deui sareng POM di Santolo, ti Bandung upami angkat tabuh 6 enjing2, tabuh 11 kedahna tos tiasa dugi di santolo, kecuali seueur liren kanggo photo2

      kanggo kondisi jalan tiasa di tinggal didieu kang

  22. kang abdi orng jateng tepatnya EBUMEN..tpi saya sring lwat garut selatan..emng pantai di daerh garut mantap2 kang..lebih ke barat lgi msih bnyak pntai trmsuk pntai cicalobak..trus puncak guha..ada lgi ranca buaya..itu yg prnh saya singgahi..klo sentolo sma sayng heilng blm prnh..cmn klo mau mmpir tkut nnti smpai ke caringin takut kmalemn..apa bner kang daerah pamengpk ke barat rawan begal kang..

    1. Hallo Mas Bobby
      Salam kenal untuk orang Kebumen, memang betul masih Banyak pantai-pantai di Garut yang masih Asri Alami, perlu di explorer

      Terkait Begal hanya isu sebetulnya Mas jangan takut, asal kita bisa tepat mencermati dan tetap hati2, kadang kejahatan karena ada kesempatan .

      Selamat jelajahi Garut ya

  23. trimksh inffonya kang..slm knl blik dri wong bumen kang..nnti klo maen ke grut lgi ta mmpir ke santolo kang kliatnya indh bngt kang..klo blh tau kang dani asli grut ea..teptnya mn kang spa tau bisa mmpir silturhmi kang..

  24. Siang kang..
    Bade naros jalur ka pantai santolo, amun di bekasi perkiraan braha jam nya kang ?
    Trus enak na ake jalur kamana, hampura sateuacan na, acan apal jalan, modal google maps bae kang hehe

    1. Punten kang Fauzy mau pakai kendaraan naon? Ka Santolo kanggo pemula tiasa jalur kota Garut Cikajang supados aman kang

  25. Assalamu’alaikum.
    Kang, saya berencana mau ke santolo, brangkat dari cikarang jam 3 sore.
    Berarti melewati jalan hutan sekitar malam.
    Kira2 aman gk ya kang?
    Saya menggunakan mobil.

    1. Waalikumsalam
      Jam 3 sore dari Cikajang, klo nggak berhenti2 jam 5 sudah lewat jalur hutan aman, meskipun malam dibawah jam 22:00 lewat sana apalagi bawa mobil aman, hati2 aja bawa kendaraannya silabus jalan berkelo

  26. Oh Cikarang ya.. he he he Punten, Oh kalau dari Cikarang jam 3 ya – smapai di gunung gelap itu kira-kira jam 10, aman, kalau ada kendaraan lain yang melintas mendingan bareng saja. tapi secara umum Aman

Isi Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s